Printed from

Artikel

Kotak Pertolongan Pertama untuk Hamster

Description

Kotak Pertolongan Pertama buat Hamster


(contributed by: Rianhandayani)

Jika kamu punya hamster di rumah, ada baiknya kamu menyediakan kotak ini.
Jadi kalo hamster kamu sakit bisa cepat-cepat ditolong sebelum dibawa ke dokter.

Peralatan :

1.Gunting kecil (bisa gunting rambut atau gunting benang, jangan gunting kertas) :
pakai yang ujungnya tumpul jadi tidak melukai hamster.
Gunanya untuk memotong bulu hamster terutama kalo hamster itu luka
dan butuh diberi obat sedangkan bulunya mengganggu.

2.Gunting kuku khusus binatang kecil.
Bentuknya beda dengan gunting kuku anjing. Biasanya juga ukurannya kecil.

3.Cotton buds. Untuk membersihkan luka dan memberikan obat2 cair ke atas luka.

4.Alat suntik tanpa jarumnya. Untuk memberikan obat cair ke dalam mulut hamster.
Pilih alat suntik yang ujungnya kecil jadi mudah dimasukkan ke dalam mulut hamster.

5.Hair dryer kecil. Kalau hamster kamu basah harus segera dikeringkan karena
hamster lemah sama air. Kalo kondisi badannya lagi ngga kuat,
hamster yang didiamkan basah bisa terserang flu dan pneumonia yang berakibat kematian.

6.Sarung tangan karet sekali pakai. Ini berguna buat memegang hamster yang sakit.
Soalnya kalo pake tangan nanti malah menular buat yang lain.
Kalo hamster sakit akibat virus biasanya cepat menular dan bisa mengakibatkan
semua hamster mati juga. Jadi kita harus extra hati2!

Obat-obatan :

1.Obat tetes mata (seperti visine, dsb). Berguna banget soalnya hamster sering iritasi mata
mengingat tempat hidupnya diantara serbuk2 kayu.

2.Alkohol. Ini untuk membersihkan luka.

3.Antiseptik ringan. Campuran dettol dan air bisa untuk membasuh luka atau
kalau campuran dettol yang konsentrasinya ringan bisa untuk untuk memandikan hamster,
dengan cara diwash lap. Jangan dibasahin hamsternya! Cukup dilap aja.
Guna lainnya adalah untuk membasuh tangan kita. Biasakan membasuh tangan sebelum
dan sesudah memegang hamster. Kebersihan ini penting untuk kita sendiri.
Alternatif lain bisa disediakan cairan khusus cuci tangan seperti handy clean dekat
kandang hamster, jadi kalo mau pegang cuci tangan dulu. Hal ini perlu dilakukan
karena tangan kita sendiri biasanya suka bawa penyakit buat hamsternya.
Kita kan ngga tau di jalanan udah pegang apa aja. Iya kan?

4.Betadine. Pokoknya obat luka deh… Soalnya kan kadang hamster suka berantem.
Jadi kalo berdarah bisa cepet2 ditolong.

5.Antibiotik (erythrocin). Jangan pake merk laen soalnya hamster itu sensitive ama
antibiotic. Beberapa kasus yang aku denger sih banyak yang kasih
amoxilin tapi hamsternya mati.
Kalo ke apotik bilang harus merk itu. Apotik di Indo kalo ngga ada merk itu,
suka ganti merk seenaknya
jadi harus ati2! Gunanya jika hamster kamu luka trus infeksi,
bisa juga untuk mengobati flu yang parah…

6.Obat kutu khusus hamster. Ini penting banget! Baca deh tentang penyakit
pada manusia yang bisa disebabkan oleh binatang pengerat:

“…Plague (penyakit serius bahkan fatal yang berasal dari binatang pengerat.
Panyakit ini disebabkan oleh Yersinia pestis dan disebarkan ke manusia lewat
gigitan dari kutu tikus yang terinfeksi, terutama bubonic plague).
Tapi ngak semua negara masuk dalam category ini. Unfortunately Indonesia ngak bebas
sama plague. Jadi hati2 ok. cara paling bagus sih biar penyakit ini ngak nempel
ke Hamster kamu yah kamu harus beli obat anti kutu khusus buat hamster.”

Tanda2 hamster kena kutu? Menggaruk2 tubuh terus terutama di daerah belakang telinga (menggaruknya benar2 sering dan parah) trus kalo kamu balikin bulunya kamu kadang ngeliat bekas2 luka kecil akibat gigitan kutu...

Vitamin buat hamster ada macem2 merk. Selama ini yang biasa dipake sih buatan 8in1 merknya vitasol. Trus ada juga yang merk Hartz.